Mengamalkan Alquran-2


Adakah yang lebih menakjubkan daripada segenap perkara kaum Muslim dan adakah yang lebih baik daripada harta-harta mereka ? Semua yang menghampiri mereka yang berasal dari Allah, dalam pandangan mereka, adalah baik. Allah benar-benar telah menurunkan kepada mereka kesegeraan makrifat kepadaNya, menidurkan mereka di atas kemurahanNya, dan mengasihi mereka dengan kasih-sayangNya. Oleh karena itu, niscaya akan menjadi baiklah kedudukan mereka bersamaNya dan kegaiban mereka dari segala sesuatu selain DiriNya. Apabila Allah berkehendak untuk membangunkan mereka, membuat mereka berdiri, dan menghidupkan mereka, mereka akan berada di hadapanNya sebagaimana halnya Ashhabul-Kahfi di dalam gua mereka. Dikatakan kepada mereka : Kami membolak-balikkan mereka ke kanan dan ke kiri.(QS 18:18).

Mereka adalah orang-orang yang paling berakal di antara manusia yang ada. Mereka senantiasa mengharapkan maghfirah dari Allah SWT. Hanya demi kesuksesan di dalam seluruh keadaan ini mereka menaruh harapan dan kerinduan mereka.

Celakalah ! Bila engkau melakukan perbuatan ahli neraka, sementara engkau mengharapkan surga. Engkau tamak pada sesuatu yang seharusnya engkau tidak bersikap seperti itu. Karena itu, janganlah terperdaya oleh suatu pinjaman dan menyangkanya sebagai milikmu.Sebab, sebentar lagi Dia akan menyiksamu. Allah SWT sungguh telah meminjamimu kehidupan ini agar engkau taat kepadaNya. Akan tetapi engkau menyangka kehidupan ini sebagai milikmu sendiri dan berbuat di dalamnya sekehendak hatimu. Demikian pula kesehatan, ia adalah pinjaman bagimu. Juga kekayaan, rasa aman, kehormatan dan seluruh apa yang kau miliki berupakenikmatan, merupakan pinjaman bagimu. Karena itu, janganlah menyalahgunakan semua pinjaman ini, karena sesungguhnya engkau akan dituntut serta ditanya atas semua pinjaman itu dan atas semua yang berasal dariNya.

Segala sesuatu yang kau miliki berupa kenikmatan adalah berasal dari Allah SWT. Oleh karena itu, mintalah pertolongan dan perantaraan semua itu agar engkau bisa taat kepada Allah. Segala sesuatu yang kau rindukan dan kau inginkan di tengah-tengah kaum Muslim adalah kesibukan, sementara mereka tidak menghendaki apa pun selain kedamaian bersama Allah SWT, di dunia maupun di akhirat.

Seorang ulama berkata “Sesuaikanlah dirimu dengan Allah ‘Azza wa Jalla di dalam mahluk dan janganlah menyesuaikan diri dengan mahluk di dalam Allah. Hancurlah siapa saja yang menghancurkan dan menjadi baiklah siapa saja yang memperbaiki. Belajarlah menyesuaikan diri dengan Allah ‘Azza wa Jalla dari hamba-hambaNya yang saleh dan senantiasa menyelaraskan diri mereka denganNya”.

[Nasehat Syeikh Abdul Qadir al Jailani]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s