DAHULUKANLAH TUHAN SEBELUM YANG LAIN-4


Anakku, mari kita lanjutkan lagi pembicaraan kita tentang prioritas hidup manusia. Hari ini, akan aku ajak kamu untuk menelaah prioritas hidup ketiga, yaitu berbuat baiklah seperti Allah berbuat kepadamu.

Anakku, coba perhatikan kalimat di atas yang merupakan perintah untuk kalian laksanakan. Apa yang kalian pikirkan tentang perintah itu ? Jika kalian hanya memusatkan perhatian kepada perintah berbuat baiklah, maka kalian dapat terjebak dalam lingkaran nafsu. Sebab bisa jadi kalian merasa telah berbuat baik, padahal sebenarnya belum. Kalian baru melakukan sesuatu yang kalian anggap baik. Baik menurut anggapanmu sendiri, belum tentu sesuai dengan harapan orang lain. Bahkan belum tentu perbuatan yang kamu anggap baik itu bermanfaat bagi orang lain atau tidak.

Maka Allah memberikan patokan yang jelas tentang perbuatan baik yang harus kalian kerjakan, yaitu seperti Allah telah berbuat baik kepadamu. Jadi acuan yang harus kalian pakai adalah perbuatan baik Allah kepadamu.

Anakku, seperti yang telah berkali-kali saya katakan, untuk mengetahui perbuatan baik Allah kepadamu, maka kalian harus melihat diri kalian. Mulailah melihat pada jasadmu yang sempurna, yang kesempurnaan jasad itu menyebabkan kalian dapat memperoleh manfaat yang amat besar. Kalian dapat mengolah bumi dan segala isinya untuk kemakmuran hidup duniawimu. Allah sudah menyediakan segala macam keperluan hidup duniawimu. Namun kalian harus mengolahnya lebih dulu. Untuk itu Allah telah menganugerahkan kepadamu kelengkapan jasad dan akal.

Kalian tentu tidak akan mengingkari, itulah perbuatan baik Allah kepadamu, karena kamu telah memanfaatkannya untuk keperluan duniawimu. Bahkan kamu telah menikmati manfaat itu untuk dirimu. Tetapi, masihkah kalian tetap tidak akan mengingkari, jika saya katakan bahwa dengan jasad sempurna yang diciptakan dan dianugerahkan Allah kepadamu itu, kamu dapat meraih akhirat dan kemakmuran hidup akhiratmu ? Jika kalian ragu-ragu, maka kalian perlu mencari ilmu yang akan menyebabkan kalian tidak berada dalam kebimbangan dan keraguan. Karena jika kalian ragu, maka kalian sedang berdiri disebuah tempat antara yakin dan ingkar. Hati-hatilah jika kalian sadar posisi kalian saat ini.

Anakku, dengan penjelasan itu maka saya harap kalian sudah dapat menangkap makna yang terdalam dari perbuatan baik Allah kepadamu yakni dengan memberikan sesuatu yang sangat bermanfaat untuk kehidupan dunia dan akhiratmu, sehingga kalian dapat melakukan perbuatan baik seperti Allah, yakni memberikan manfaat dunia dan akhirat kepada umat manusia di dunia. Artinya, kalian harus berakhlak dengan akhlak Allah.

Allah selalu memberi tanpa pernah berhenti walaupun kepada orang-orang yang tidak mengimaniNya. Kepada orang-orang yang ingkar pun Allah tetap berbuat baik, tidak pernah menghentikan pemberian kepada mereka. Bahkan untuk keperluan duniawi, Allah justru menggelontorkan berbagai kenikmatan kepada orang-orang yang ingkar. Ingat Anakku, Allah hanya memberikan kenikmatan duniawi saja kepada para pengingkarnya. Orang-orang yang ingkar adalah orang-orang yang bodoh, sehingga mereka menganggap bahwa gelontoran kenikmatan duniawi itu dianggapnya sebagai bentuk cinta Allah kepada mereka. Mereka tidak menyadari bahwa kenikmatan duniawi itu menyebabkan mereka makin lupa dan ingkar. Persis seperti Karun yang menganggap bahwa kenikmatan duniawi yang dia peroleh itu karena kepandaian mereka. Karun menafikan peranan Allah, sehingga kenikmatan duniawi yang sejatinya merupakan laknat Allah tidak dia sadari.

Anakku, janganlah kalian tertipu oleh orang-orang yang disesatkan oleh Allah. Kalian boleh saja mengenal mereka dan bertegur sapa dengan mereka. Tetapi jangan bergaul dengan mereka. Kalian harus selalu mendahulukan Allah, seperti para arifbillah. Maka bergaulah dengan mereka. Ambillah ilmu dari para arifbillah yang telah memakrifati Allah secara kaffah. Mereka sudah memiliki ahlak Allah dan berbuat baik seperti Allah. Jika kalian mengambil ilmu mereka, maka kalian pun akan dapat berbuat baik seperti mereka. Kalian pun akan menjadi golongan arifbillah, karena kalian selalu mendahulukan Allah melalui makrifatmu kepadaNya.

Insya Allah.***** (BERSAMBUNG)

2 responses to “DAHULUKANLAH TUHAN SEBELUM YANG LAIN-4

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s