DAHULUKANLAH TUHAN SEBELUM YANG LAIN-5


Hari ini, tibalah saatnya kita membicarakan prioritas hidup keempat, yaitu janganlah berbuat kerusakan di bumi.

Anakku, kalian harus ingat bahwa Allah pun memiliki Asma Al Muhaymin yang berarti Yang Maha Memelihara, artinya adalah yang memperhatikan mahluk-mahlukNya, seperti mengurusi tindakan-tindakan mereka, rezeki mereka, dan saat kematian mereka. Dia memperhatikan mereka dengan pengetahuanNya, milikNya, dan perlindunganNya, demikian menurut Hujjatul Islam Al-Ghazali dalam kitabnya Al Maqshad Al Asma fi Syarh Asma’ Allah Al Husna. Semuanya mengindikasikan bahwa Allah tidak melakukan perbuatan yang merusak. Apa yang Dia lakukan adalah sebuah pemeliharaan, walaupun secara kasat mata terjadi kerusakan berupa bencana alam (misalnya). Allah tidak merusak, melainkan sedang melakukan pemeliharaan dengan mengganti sesuatu yang sudah tidak bermanfaat, dan menggantinya dengan yang lebih bermanfaat.

Kalian juga diperintahkan untuk memelihara segala sesuatu yang ada di sekitar kalian. Alam yang digelar oleh Allah untuk kalian itu bukan untuk dirusak, melainkan untuk dipelihara. Kalian boleh mengeksplorasi bumi untuk kepentingan hidup kalian, tetapi tidak dengan merusak. Ingat Anakku, ketika kalian diperintah untuk mengambil bagianmu dari duniawi yang bermakna kalian diijinkan untuk mengambilnya sebatas keperluanmu hidup saja. Maka, kalian diperintah untuk jangan berbuat kerusakan. Artinya, kalian harus memelihara dunia ini dengan baik.

Sadarilah wahai Anakku, kalian tidak mungkin dapat melaksanakan perintah itu, jika kalian tidak mengetahui bagaimana Allah memelihara seluruh ciptaanNya dengan system yang telah Dia susun sangat rapi. Sistem yang ada dalam diri kita, maupun system yang berlaku pada alam semesta. Maka menjadi kewajiban kalian untuk memakrifati Allah secara paripurna agar kalian tahu, apa yang disukai oleh Allah, dan apa yang tidak disukai olehNya. Sesuatu yang disukai adalah sesuatu yang memberi manfaat untuk kita dan keberlangsungan hidup mahluk Allah. Sedangkan sesuatu yang tidak disukai, atau dibenci oleh Allah adalah sesuatu yang menyebabkan kehancuran diri sendiri maupun keberlangsungan hidup mahluk Allah.

Maka Allah mengingatkan “janganlah kalian melemparkan diri dalam kerusakan”. Artinya kalian harus menjaga diri dari apa pun yang menyebabkan rusak atau binasa. Jika kalian tahu bahwa merokok itu membahayakan kesehatan kita, maka artinya rokok itu menyebabkan kebinasaan, maka mestinya kalian menjauhkan diri dari kebiasaan mengisap rokok. Jika kalian tahu bahwa menebang hutan dengan semena-mena akan membahayakan keberlangsungan hidup mahluk Allah, maka mestinya kalian harus memeliharanya dari kerusakan. Kalian boleh menebang pohonnya sebatas yang kalian perlukan. Itu pun harus disertai upaya untuk menanam kembali.

Anakku, Allah menutup ayat ini dengan ungkapan yang sangat keras “Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan”. Tidak suka itu sama dengan benci. Maka terjemah ayat itu akan lebih berkesan kuat jika ditulis begini : “sesungguhnya Allah benci kepada orang-orang yang berbuat kerusakan”. Maka, janganlah kalian melakukan pekerjaan yang menyebabkan Allah benci kepadamu. Ini prinsip yang harus kalian pegang.

Perbuatan apakah yang paling disukai oleh Allah, Anakku ? Jawabnya : jika engkau selalu mendahulukan Allah sebelum yang lain, maka Allah sangat suka. Dia adalah Zat Yang Maha Pencemburua, maka Dia benci dinomorduakan. Dia senang didahulukan. Maka, sebelum menyembah Dia, kalian harus terlebih dahulu memakrifatiNya. Maka, jadilah ahli makrifat dan bergaulah dengan para arifbillah, Nak, niscaya hidupmu akan bermanfaat bagi dirimu sendiri dan bagi seluruh isi alam.

Wallohua’lam.*****

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s