About


Rumahspiritual, mungkin terdengar aneh, apalagi jika tulisan rumah dan spiritual tidak diberi spasi. Apa maksudnya ?

Allah SWT berfirman “rumah yang pertama kali dibangun untuk manusia adalah baitullah yang terletak di Bakkah”. Para mufassir kemudian bersepakat menyebut bahwa Bakkah, adalah kota Mekah yang kita kenal sekarang. Walaupun demikian, Bakkah, sejatinya adalah lembah yang terlindung atau lembah yang tersembunyi. Sehingga dapatlah dimengerti jika kemudian para mufassir bersepakat menyebut Bakkah adalah Mekah, karena memang secara geografis letak kota Mekah memang terlindung oleh bukit-bukit, atau tersembunyi di antara bukit-bukit yang mengelilingi.

Di samping itu, di kota Mekah itu pula, terdapat sebuah bangunan yang disebut Ka’bah dan disepakati sebagai baitullah. Maka lengkaplah bukti yang menjadi dasar argumentasi para mufassir tentang rumah yang pertama kali di bangun untuk manusia.

Meskipun demikian, sebenarnya kesepakatan para mufassir itu – kendati tidak salah – sebenarnya dapat dijadikan sebuah permenungan yang cukup mengasyikkan, karena bukankah lembah tersembunyi yang sekarang disebut Mekah itu sudah ada lebih dulu jauh sebelum ada bangunan Ka’bah dan kota Mekah ?

Nah, kegiatan melakukan renungan, refleksi atau tafakur itulah yang dilakukan di rumah ini : rumahspiritual. Kata rumah dan spiritual tidak diberi spasi untuk menekankan sebuah intensitas permenungan yang mendalam. Rumah adalah sebuah bangunan, dan spirit adalah roh, sehingga rumahspiritual adalah rumah yang dihuni oleh roh. Keduanya harus menyatu dan berinteraksi.

Maka, tulisan yang ada di blog rumahspiritual ini, umumnya merupakan hasil perjalanan spiritual yang memberikan kekayaan batin dari penggagas blog ini dan beberapa penulis lain yang akan diundang untuk mengisi. Tetapi, dalam blog ini, Anda juga dapat menemukan tulisan-tulisan yang dikutip dari karya-karya para ulama sufi seperti Al-Ghazali, Ibn Atho’illah dll serta tulisan-tulisan yang didapat dari sumber lain. Tulisan-tulisan jenis ini, akan senantiasa menyebutkan sumbernya, sebagai bagian dari upaya kita menghormati hak cipta atau intelectual right dari penulisnya.

Maka, Anda para peminat spiritual, mudah-mudahan blog ini dapat menjadi sebuah oase tempat kita melakukan refleksi. Mungkin Anda tidak sempat selalu membuka blog ini, sehingga kami menyediakan kesempatan kepada Anda untuk berlangganan dengan mengklik ruang yang sudah disediakan. Tinggalkan alamat email Anda di sana, dan insya Allah, setiap ada tulisan baru, Anda akan mendapatkannya melalui email.

Semoga bermanfaat.

10 responses to “About

  1. karena keterbatasan waktu, manusia sekarang jarang duduk bersama di majlis dzikir….tp dengan kemajuan teknologi, manusia dapat bergabung di majlisdzikir.com….kapan saja.
    Semoga Allah SWT melimpahkan ridho-Nya bagi hamba2-Nya yg slalu ber-dzikir.
    Ber-dzikir dengan yang sebenar-benarnya.

  2. assalamu’alaikum,alhamdulillah kami sudah lama mencari jalan menuju Alloh tp selalu hampa,km tinggal di sekitar solo dan jogja dan sangat ingin bergabung bermakrifat,kami mohon petunjuk alamat atau telepon majelis yg bisa kami hadiri didaerah kami tsb,atas bimbinganya kami sangat berterima kasih dan mohon doanya agar kami dpt bergabung bermakrifat amin..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s