Khasanah


Ini adalah ruang pembelajaran, untuk menyimak dan mengetahui berbagai permasalahan spiritual yang berasal dari karya-karya ulama sufi kenamaan melalui kitab-kitab mereka. Memang, dalam ruangan ini tidak disajikan secara runut dari kitab-kitab yang dimaksud, melainkan hanya cuplikan-cuplikan tulisan dari para ulama besar itu, khususnya yang berkaitan dengan peristilahan yang sering dijumpai di dunia spiritual.

Beberapa buku yang menjadi acuan antara lain :

Al-Luma’, rujukan lengkap ilmu tasawuf/oleh Syekh Abu Nashr as-Sarraj ath-Thusi. Buku yang disebut-sebut oleh R.A. Nicholson sebagai “Perguruan Tinggi yang meluluskan para ‘sarjana’ terkenal dari kaum Sufi yang murni dan jujur”.

Ar-Risalatul Qusyairiyah fi ‘Ilmit Tashawwuf yang disusun oleh Al-‘Allamah Al-‘Arif billah Abul Qasim Abdul Karim Hawazin Al-Qusyairi An-Naisaburi. Kitab ini pun dikenal sebagai sumber kajian ilmu tasawuf dan menjadi bacaan wajib bagi para pencinta tasawuf, para pencari dan penempuh jalan Tuhan.

Al-Hikam rampai hikmah Ibn ‘Atha’illah yang memiliki kedalaman makna hakikat. Kitab ini banyak bertebaran di pesantren-pesantren tradisional di Nusantara. Maka, “aneh” jika ada santri tulen yang tidak mengenal al-Hikam karya Ibn ‘Atha’illah ini. Popularitas kitab ini hanya terlampaui oleh Ihya’ ‘Ulum al-Din karya Imam Ghazali. Kitab yang memuat ratusan hikmah ini hanya diajarkan kepada santri tingkat tinggi.

Hanya beberapa kitab yang disebutkan di sini dari begitu banyak kitab tasawuf klasik maupun kontemporer yang akan dimunculkan di ruang Khasanah ini.

Mudah-mudahan bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s